Saturday, September 22, 2012

Pengertin HTTP , WWW , URL Dan HTML

  • Pengertian HTTP

 HTTP atau definisi HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server . Sebuah client HTTP seperti web browser , biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP k…e port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80) . Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) , seperti “GET / HTTP/1.1” yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan , diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut , diikut dengan badan dari data tertentu .



  • Pengertian www

www =World Wide Web bukan Internet . Tetapi , www merupakan jaringan yang terbesar dan terpopuler di internet. Data www disebut website atau webpages . Di dalamnya ada tulisan, gambar, foto, suara , dan video . Dengan World Wide Web, kita dapat ma…suk atau surfing ke berbagai webpages . Tentunya , dengan menggunakan bahasa khusus yang disebut Hypertext Transfer Protocol atau HTTP . Internet tidak hanya berisi World Wide Web. Ada juga jaringan-jaringan lain di dalamnya . Misalnya , SMTP/POP untuk email , P2P untuk musik dan video , dan FTP untuk men-download . Setiap jaringan itu punya bahasa-bahasa khususnya sendiri .



  • Pengertian URL




Pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu , yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet . URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web . Sejak 1994 , konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya .URL singkatan dari Uniform Resource Locator . URL adalah lokasi dari sebuah file di dalam web . Beberapa contoh URL antara lain http://www.pestahosting.com/ , atau http://member.pestahosting.com/. URL yang Anda pilih akan digunakan oleh pengunjung , atau Anda sendiri , untuk mengakses Website Anda atau URL bisa disebut juga dengan Domain .



  • Pengertian HTML




HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet . Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language) , HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web . HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C) .

HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan . Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer . HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser .

HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa , hanya dalam dokumen ini sebuah teks bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu . Sebagai contoh jika ingin membuat teks ditampilkan menjadi tebal seperti : TAMPIL TEBAL , maka penulisannya dilakukan dengan cara : <b>TAMPIL TEBAL</b> . Tanda <b> digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal , diikuti oleh teks yang ingin ditebalkan , dan diakhiri dengan tanda </b> untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut .

Secara garis besar , terdapat 4 jenis elemen dari HTML :
structural tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks (contoh, <h1>Golf</h1> akan memerintahkan browser untuk menampilkan “Golf” sebagai teks tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1
presentational . tanda yang menentukan tampilan dari sebuah teks tidak peduli dengan level dari teks tersebut (contoh, <b>boldface</b> akan menampilkan bold . Tanda presentational saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan teks ,
hypertext tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh, <a href=”http://emildkernel.tk/”>IlmuKita</a> akan menampilkan IlmuKita sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu),
Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (<button>), list (<li>), dan garis horizontal (<hr>).

Selain markup presentational , markup yang lain tidak menentukan bagaimana tampilan dari sebuah teks . Namun untuk saat ini , penggunaan tag HTML untuk menentukan tampilan telah dianjurkan untuk mulai ditinggalkan dan sebagai gantinya digunakan Cascading Style Sheets .

No comments:

Post a Comment